Minggu, 02 Februari 2014

10 Cara menyenangkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh

10 Cara menyenangkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh

Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Sabtu, 4 Januari 2014 15:12


10 Cara menyenangkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh
berjemur. ©2012 Merdeka.com
Merdeka.com - Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Bahkan beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa vitamin D juga ampuh untuk melawan pilek dan depresi.

Karena manfaat tersebut, Anda pun berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh Anda. Berikut adalah cara yang menyenangkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D seperti dilansir dari health.com.

Berjemur
Sinar matahari akan memicu sel tubuh untuk memproduksi vitamin D. Namun apabila Anda ingin berjemur, pilihlah waktu yang tepat seperti pagi hari agar Anda terhindar dari sinar matahari terik yang dapat membuat Anda terkena kanker kulit.

Mengonsumsi ikan
Lemak ikan bisa menjadi sumber vitamin D yang baik. Beberapa contoh ikan yang kaya akan vitamin D adalah ikan salmon, mackerel, tuna, dan belut.

Mengonsumsi jamur
Sama seperti manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari.Oleh karena itu untuk menambah asupan vitamin D, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi vitamin D.

Rajin minum susu
Hampir semua jenis susu kaya akan vitamin D. Bahkan susu kedelai pun juga mengandung vitamin D.

Perbanyak minum jus jeruk
Anda termasuk bukan penggemar susu namun membutuhkan asupan vitamin D? Kabar baiknya, Anda dapat mendapatkan tambahan vitamin D dengan mengonsumsi jus jeruk. Setiap satu gelas jus jeruk mengandung vitamin D hingga 100 IU.

Mengonsumsi suplemen
Apabila Anda tidak sempat berjemur karena kesibukan Anda, tidak ada salahnya apabila Anda mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun konsumsilah dengan jumlah yang disarankan, sebab terlalu banyak konsumsi suplemen vitamin D pun dapat menimbulkan keracunan.

Mengonsumsi kuning telur
Telur adalah salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin D. Namun vitamin D paling banyak ditemukan di dalam kuning telur. Satu butir kuning telur akan memberikan Anda vitamin D sebanyak 40 IU.

Mengonsumsi sereal
Sereal adalah salah satu contoh makanan sehat yang kaya akan vitamin D. Selain serat, setiap satu cangkir sereal mengandung 90 IU vitamin D.

Mengonsumsi hati sapi
Selain vitamin A, zat besi, dan protein, hati sapi juga mengandung vitamin D. Setiap takaran sajinya, hati sapi mengandung sekitar 50 IU vitamin D.

Mengonsumsi minyak ikan cod
Minyak ikan cod seringkali dikemas dalam kapsul atau sirup. Satu sendok makan minyak ikan cod mengandung sekitar 1.300 IU vitamin D.

Oleh karena banyaknya manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh Anda, maka jangan ragu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Dalam sehari, orang dewasa disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan jumlah maksimal sebanyak 4.000 IU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar