Minggu, 02 Februari 2014

Manfaat vitamin E untuk antioksidan Ragam WASPADA ONLINE





(Ilustrasi)
Ada banyak jenis vitamin yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Mulai dari vitamin A, vitamin C, E, K, B1, B3, dan lainnya. Masing-masing vitamin memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri bagi tubuh manusia. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin E.

Vitamin E bisa ditemukan dalam minyak sayur, sayuran hijau seperti bayam atau makanan seperti kacang dan telur. Banyak yang sudah tahu bahwa vitamin E baik untuk kesehatan. Namun apakah Anda mengetahui fungsi sebenarnya dari vitamin E? Jika belum, simak manfaatnya berikut ini.

1. Kualitas antioksidan
Manfaat paling besar dari vitamin E adalah kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Dikombinasikan dengan oksigen, antioksidan ini sangat ampuh menghancurkan radikal bebas. Untuk itu, seringkali vitamin E digunakan untuk kesehatan kulit dari serangan radikal bebas sinar matahari.

2. Mengatur aktivitas enzim
Vitamin E membantu tubuh mengatur aktivitas enzim, salah satunya berkaitan dengan pertumbuhan otot polos. Zat dalam vitamin E mengatur pertumbuhan otot polos agar tidak merugikan tubuh.

3. Menyembuhkan luka
Vitamin E juga memiliki efek yang baik ketika seseorang mengalami luka. Vitamin E berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan meregenerasi jaringan ekstra sel yang rusak atau hilang.

4. Fungsi saraf
Vitamin E membantu menghambat agregasi trombosit pada darah. Hal ini berkaitan dengan aktivitas saraf dan fungsi saraf dalam tubuh. Dengan kata lain, vitamin E membantu menjaga fungsi dan kesehatan saraf.

5. Melindungi lipid dalam tubuh
Vitamin E juga berfungsi untuk menjaga lipid dan mencegah oksidasi lemak jenuh. Vitamin bekerja dengan melancarkan kinerja lipid dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan. Perlu diingat bahwa meski bermanfaat jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin E. Selain itu, sebaiknya konsumsi vitamin E yang berasal dari makanan atau bahan alami daripada dari suplemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar